Resep Detok Reproduksi Ustadz dr. Zaidul Akbar

Sistem reproduksi pada wanita terletak dalam pinggulnya, yang terdiri dari ovarium, saluran Fallopi, rahim serviks, vagina, dan vulva. Adapun siklus sistem reproduksi wanita:

  1. Bayi perempuan terlahir dengan sekitar 2-3 juta sel telur di dalam ovariumnya. Ovarium bisa dikatakan dalam keadaan ‘tidur’ selama masa kanak-kanak dan akan mulai berfungsi hanya setelah pubertas dan menstruasi mulai terjadi. Sejak itulah, wanita usia subur melepaskan sebuah sel telur rata-rata setiap empat minggu.
  2. Jadwal bulanan ini disebut dengan siklus ovulasi atau menstruasi. Sekitar 400-500 sel telur dilepaskan oleh seorang wanita selama masa suburnya, sebelum akhirnya ovulasi berhenti pada saat menopause, yang biasanya terjadi di usia 40 atau 50 tahunan.
  3. Di awal siklus ovulasi, beberapa sel telur mulai tumbuh dalam ovarium. Setelah sekitar 14 hari, satu sel telur akan cukup matang untuk dilepaskan ke dalam saluran Fallopi dan bergerak menuju rahim. Selama perjalanan inilah sel telur tersebut bisa dibuahi.
  4. Apabila tidak terjadi pembuahan, sekitar 14 hari setelah ovulasi, dinding rahim akan gugur dan keluar melalui vagina. Inilah yang disebut menstruasi. Kemudian, siklus di atas akan berulang kembali seperti semula.
  5. Apabila seorang wanita mengalami menstruasi, tetapi tidak memproduksi sel telur karena alasan tertentu, kehamilan tidak akan terjadi. Namun, banyak wanita yang bisa hamil meskipun tidak pernah mengalami menstrusi tapi peluang hamilnya lebih kecil dibandingkan wanita lain

Faktor makanan, pola hidup dan kebiasaan akan sangat mempengaruhi kesehatan reproduksi. Kesehatan reproduksi pada wanita sangat penting, belum lagi permasalahan pada siklus menstruasi.

Untuk detok reproduksi dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan yang ada disekitar kita yaitu :

1. Bahan
  • 2 batang kayu manis
  • 1 ruas jahe
  • 600 ml air
2. Cara membuat
  • Rendam semua bahan dan diamkan minimal 6 jam
3. Manfaat
  • Meringankan nyeri haid
  • Mendetok bagian reproduksi
  • Mendetok perut
  • Membuat tubuh lebih bertenaga

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More